Selasa, 01 November 2016

jawaban soal uts multimedia



1.   Sebutkan dan jelaskan kreteria media menurut Iso 93a, dan berikan contoh nya
Jawab :
Media (berdasar ISO93a) dapat diklasifikan menjadi beberapa kriteria :

1. Perception Medium

Perception media membantu manusia untuk merasakan lingkungannya

“Bagaimana manusia menerima informasi pada lingkungan komputer?” - * Persepsi informasi melalui penglihatan atau pen denga ran

Perbedaan persepsi informasi melalui “melihat” dan “mendengar” Aspek pada perception medium :
i.        Aspek Representative Space: sesuatu yang terkandung daklam presentasi secara nyata

-  Kertas, layar
-  Slide show, power point

ii.      Aspek Representative Values: nilai-nilai yang terkandung dalam presentasi

-  Self contained (interpretasi tiap orang berbeda), misal: suhu, rasa, bau
- Predefined
symbol
set
(sudah
disepakati
sebelumnya), misal: teks, ucapan, gerak tubuh

iii.    Aspek Representation Dimension

-  Ruang (space)
-  Waktu (time) :

time independent, discreet (text, grafis)

time dependent , continuous media (video, audio, sinyak dari sensor yang berbeda)
2. Representation Medium

Representation media ditentukan oleh representasi informasi oleh kom puter

“ B a g a i man a i nf o r mas i p a da k o mp ut e r d ik od e k an ? ” - * Menggunakan berbagai format untuk merepresentasikan informasi. Contoh :

- Text                              : ASCII dan EBCDIC

- Grafis                          : CEPT atau CAPTAIN videotext

- Audio stream : PCM (Pulse Coding Method) dengan kuantisasi linier 16 bit

- Image                           : Facsimile (standard ISO) atau JPEG
- Audio/video                : TV standard (PAL, SECAM, NTSC),

computer standard (MPEG)
3. Presentation Medium

Tool dan device yang digunakan untuk proses input dan output informasi
“Melalui edia apa informasi disajikan oleh komputer, atau dimasukkan ke komputer?”
* Output : kertas, layar, speaker
* Input : keyboard, mouse, kamera, microphone
3.     Storage Medium

Pembawa data yang mempunyai kemampuan untuk menyimpan informasi (tidak terbatas pada komponen komputer)
“Dimanakah informasi akan disimpan?” -*   microfilm, floppy disk, hard disk, CD ROM, DVD, MMC, SDCard

5. Transmission Medium

Pembawa informasi yang memungkinkan terjadinya transmisi data secara kontinyu (tidak termasuk media penyimpanan)
“Melalui apa informasi akan ditransmisikan?” -* melalui jaringan, menggunakan kabel (coaxial, fiber optics), melalui udara terbuka (wireless)

6. Information Exchange Medium

Pembawa informasi untuk transmisi, contoh : media penyimpanan dan media transmisi

“Bagaimana informasi dari tempat yang berbeda saling dipertukarkan?” -* direct transmission dengan jaringan komputer, combined (storage dan transmission media), web yang berisi informasi, e-book, forum


1.   Sebutkan dan jelaskan jenis-jenis text beserta contohnya .
Jenis-jenis Teks

1.  Plain Text (Unformatted Text)

-  Teks adalah data dalam bentuk karakter.

-  Teks dalam hal ini adalah kode ASCII (American Standard Code for

Information Interchange) dan ASCII extension seperti UNICODE murni. Tiap-tiap karakter direpresentasikan oleh 7 bit “binary digit” (desimal = 0-127).
M = 1001101

N = 1001110











-  Contoh plain text adalah pada saat kita mengetik dengan menggunakan notepad (.txt).

-  Plain Text berjenis MIME text/plain.

-  Teks file tidak terenkrispsi, tidak mengandung embedded information, seperti informasi font, tidak mengandung link, dan inline-image.

- Terdapat perbedaan antara format plain text di Windows dan UNIX. Di Windows, akhir baris ditandai dengan Carriage Return/CR + Line Feed/LF (\13\10) sedangkan di UNIX ditandai dengan Line Feed/LF (\10) saja.
ASCII







ASCII berdasarkan English Alphabet. Dipublikasikan pada tahun 1967 dan diupdate tahun 1986. Terdiri dari 95 (32-space, 33-126) karakter yang printable dan 32 (0-31) karakter non-printable/control character.
2.   Formatted Text (Rich Text Format)

-   Serangkaian karakter format yang telah didefinisikan. Contoh

rich text adalah pada saat kita mengetik dengan menggunakan Wordpad (.rtf).

Pada Wordpad plain teks telah diformat sedemikian rupa dengan menggunakan aturan (tag/tanda) tertentu.
Hello!\par

This is some {\b bold} text.\par

}

Yang akan diterjemahkan dan ditampikan sebagai berikut:

Hello!

This is some bold text.

Backslash merupakan “RTF start control code”. \par berarti newline, \b berarti bold, dan { } digunakan untuk grouping.

- Terdapat 2 jenis formated text, yaitu bitmapped fonts dan outline fonts.

Cara penulisan Bitmapped Font (Raster Font)

0
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0
1
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0
1
1
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0
1
1
1
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0
1
1
1
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0
1
0
1
1
1
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0
1
0
1
1
1
0
0
0
0
0
0
0
0
0
1
0
0
1
1
1
0
0
0
0
0
0
0
0
0
1
0
0
0
1
1
1
0
0
0
0
0
0
0
1
1
1
1
1
1
1
1
0
0
0
0
0
0
0
1
0
0
0
0
0
1
1
1
0
0
0
0
0
1
0
0
0
0
0
0
1
1
1
0
0
0
0
1
1
1
0
0
0
0
1
1
1
1
1
1
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0





















3. Hypertext

-  Diperkenalkan oleh Ted Nelson (1965)

- Hypertext adalah teks yang memiliki fasilitas linking. Contoh hypertext :

HTML    : Hypertext Markup Language

XML       : eXtensible Markup Language

HTML

Merupakan standard bahasa yang digunakan untuk menampilkan document web. Yang bisa kita lakukan dengan HTML yaitu:
-Mengontrol tampilan dari web page dan contentnya.

-      Mempublikasikan document secara online sehingga bisa di akses dari seluruh dunia.

-Membuat online form yang bisa di gunakan untuk menangani pendaftaran, transaksi secara online.

Menambahkan object-object seperti image, audio, video dan juga java applet dalam
komplesitas markup bertingkat-tingkat.

-Portable, karena memisahkan data dan presentasi

-Fast, pencarian data cepat

-Extensible, dapat ditukar/digabung dengan dokumen XML lain.

- Linking, XML dapat melakukan linking yang lebih baik daripada HTML, bahkan dapat melink satu atau lebih poin dari dalam

maupun luar data.

- Maintenance, XML mudah untuk diatur dan dipelihara, karena hanya berupa data, stylesheet dan link terpisah dari XML.

GAMBAR (IMAGE)

Gambar (image) merupakan suatu representasi spatial dari suatu obyek, dalam pandangan 2D atau 3D.

Menurut wikipedia.org: image/picture is an artifact that reproduces the likeness of some subject—usually a physical object or a person.

Gambar 2 dimensi bisa berasal dari: kamera, kaca, lensa, teleskop.


Gambar digital merupakan suatu fungsi dengan nilai-nilai yang berupa intensitas cahaya pada tiap-tiap titik pada bidang yang telah diquantisasikan (diambil sampelnya pada interval diskrit).


Titik dimana suatu gambar di-sampling disebut picture element (pixel). Nilai intensitas warna pada suatu pixel disebut gray scale level.

1 bit        binary-valued image (0 - 1)

8 bits       gray level (0 - 255)

16 bits      high color (216)

24 bits      224 true color


Format gambar digital memiliki 2 parameter:
spatial resolution
_ pixels X pixels
c ol or enc odi ng
b it s / p i x e l

Misal: terdapat gambar berukuran 100 pixels x 100 pixels dengan color encoding 24 bits dengan R=8bits, G=8bits, B=8bits per pixel, maka color encoding akan mampu mewakili 0 .. 16.777.215 (mewakili 16 juta warna), dan ruang disk yang dibutuhkan = 100 * 100 * 3 byte (karena RGB) = 30.000 bytes = 30KB atau 100 * 100 * 24bits = 240000bits

Tabel resolusi display dan kebutuhan memory

Standard
Resolusi
Warna
Kebutuhan memory/frame

(bytes)










VGA
640 x 480
8 bit
307.2 KB






XGA
640 x 480
16 bit
614.4 KB


1024 x 768
8 bit
786.432 KB






SVGA
800 x 600
16 bit
960 KB


1024 x 768
8 bit
786.432 KB


1024 x 768
24 bit
2359.296 KB








Jika suatu gambar disimpan maka yang disimpan adalah array 2D dimana masing-masing merepresentasikan data yang berhubungan dengan pixel tersebut. Array[x,y] = warna pixel

Setiap pixel dapat mempunyai informasi tambahan yang berhubungan dengan pixel tersebut. Masing-masing gambar juga memiliki informasi tambahan seperti lebar X panjang gambar, kedalaman gambar, pembuat, dll
2.   Apa yang di magsud pandangan 2D dan 3D menurut anda.
Jawab :

2D (dua dimensi) : yaitu antara dimensi panjang dan lebar dalam satu bidang datar, jadi hanya ada panjang dan lebar saja tanpa adanya dimensi tebal. Bidang dua dimensi dapat digambarkan dengan sumbu X dan Y.


Gambar atas adalah contoh gambar yang menunjukkan dimensi dua ruang. Gambar ini hanya berposisi pada koordinat sumbu X dan Y tampa adanya koordinat sumbu Z.
Contoh : seni grafis, seni lukis, seni ilustrasi, dll.



3D (tiga dimensi) : yaitu adanya dimensi tebal pada gambar sehingga menjadikan gambar jauh lebih nyata dari pada gambar dua dimensi. Bisaanya bidang tiga dimensi dinyatakan dengan sumbu X Y dan Z.
 \

        
Kubus kuning pada gambar atas adalah contoh gambar tiga dimensi. Gambar ini menempati ruang dimensi berkoordinat X Y dan Z. Gambar yang menempati dimensi ruang panjang lebar dan tinggi bisa dikategorikan sebagai gambar tiga dimensi.

Contoh : seni patung, seni kriya , seni kramik
2.   Apa yang di magsud dengan aplikasi mobis.
Jawab :
Aplikasi mobiss adalah aplikasi yang di luncurkan untuk smartphone.
Aplikasi ini memiliki fitur canggih aplikasi trend yang saat ini gunakan pada android. Isi dari 3i mobiss, aplikasi mobile 3i-network terdiri dari, Estarter kit, daftar bonus, jaringan epolis dll,

3.   Pendapat anda tentang aplikasi mobiss

Jawab :
Pendapat saya tentang aplikasi mobiss ini sangan bagus karena aplikasi ini sangat canggih, sehingga dapat memudahkan pengguna. Dengan fitur-fitur terbaru nya.











Tidak ada komentar:

Posting Komentar